ˆ

Unit Bahasa IPB Buka Academic Writing, Mudahkan Sivitas Mahir Menulis Jurnal Internasional


Bahasa Inggris adalah bahasa internasional, yang penggunaannya sudah menyeluruh di berbagai keperluan baik dalam percakapan, penulisan label dagang, petunjuk jalan dan jurnal-jurnal penelitian. Dalam jurnal penelitian, karya tulis yang masuk ke penerbit harus berbahasa Inggris. Bahasa Inggris yang digunakan dalam makalah karya ilmiah berbeda dengan bahasa Inggris dalam novel atau karya tulis non ilmiah lainnya.

Bagi mahasiswa program sarjana, pascasarjana atau peneliti, mereka harus memiliki kemampuan dalam menulis makalah karya ilmiah berbahasa Inggris.

Saat ini sudah menjadi suatu keharusan bagi akademisi untuk memiliki kemampuan menulis bahasa Inggris. Baik mahasiswa maupun peneliti. Writing skill adalah skill tertinggi dan tersulit dalam bahasa. Urutan skill dari yang mudah ke sulit dalam bahasa dimulai dari listening, speaking, kemudian reading dan selanjutnya writing. Sulit karena perlu dukungan pemahaman, baik grammar atau structure, diction, sentence patterns, transitional markers, text organization maupun tenses,” demikian dikatakan Gatot Widodo, S.Pd., M.Pd, dosen Bahasa Inggris Institut Pertanian Bogor (IPB).

Untuk mendukung agar sivitas akademika bisa menulis makalah atau karya ilmiah berbahasa Inggris, Unit Pelatihan Bahasa IPB menyelenggarakan kursus Academic Writing yang dibuka untuk umum dan civitas akademika IPB. Dalam penyelenggaraanya, pilihan jadwalnya satu minggu dua kali dan untuk biaya serta kontak person dapat dilihat pada web: bahasa.ipb.ac.id.

Pengajar kursus di Unit Pelatihan Bahasa IPB adalah dosen-dosen Mata Kuliah Bahasa Inggris IPB. Setelah mengikuti kursus, peserta diharapkan dapat menulis atau menterjemahkan jurnal-jurnal ke dalam bahasa Inggris,” imbuhnya.

Pada era modern, bahasa sangat mendukung dalam berkomunikasi khususnya dalam dunia pendidikan dan bisnis. Untuk itu, selain Bahasa Inggris, Unit Pelatihan Bahasa IPB juga menyelenggarakan kursus berbagai macam bahasa diantaranya, Jepang, Jerman, Prancis dan Mandarin.

Untuk Bahasa Inggris dibuka berbagai layanan kursus diantaranya kelas TOEFL, Conversation dan Academic Writing. Kelas TOEFL yang digelar dalam 18 pertemuan bisa meningkatkan score dengan metode belajar dan latihan memperdalam materi listening, structur dan reading. Pada kelas conversation yang digelar dengan gaya belajar yang menarik dalam setiap pertemuan, peserta interaktif berlatih percakapan dan persentasi. Lama belajarnya 16 pertemuan. Untuk kelas Academic Writing, peserta berlatih menulis artikel berbahasa Inggris.

Civitas Academika IPB atau masyarakat umum yang hobby baca komik Jepang, anime atau mau study beasiswa ke Jepang bisa belajar Bahasa jepang selama 26 pertemuan. Hasilnya peserta sudah menguasai percakapan sehari-hari dengan Bahasa Jepang. Begitupun dengan Bahasa Jerman, Prancis dan Mandarin, kami melayani kursus untuk umum. Dalam 12 pertemuan, peserta sudah bisa berkomunikasi dan baca tulisan dengan lancar. Pengajar Bahasa Jepang, Jerman, Prancis dan Mandarin adalah dosen IPB yang pernah tinggal minimal tiga tahun di negara tersebut serta lulusan sastra perguruan tinggi terkemuka di Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, Unit Pelatihan Bahasa juga menjalin kerjasama dengan ETS Jakarta untuk menyelenggarakan tes TOEFL ITP pada hari Sabtu, minggu kedua dan keempat setiap bulannya.

Sertifikat TOEFL ITP bisa digunakan untuk syarat administrasi beasiswa luar dan dalam negeri dan syarat lulus kuliah Bahasa Inggris bagi mahasiswa IPB dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Bagi yang berminat, silahkan daftar ke Unit Pelatihan Bahasa IPB, Gedung Teaching Lab lantai 2, Kampus IPB, Dramaga atau di Kampus Sekolah Bisnis Jl. Pajajaran, Bogor. (Arif/Zul)

 

Published : ipb.ac.id; 18-Feb-2019

Resource Person : Gatot Widodo, S.Pd., M.Pd

Keyword : Unit Pelatihan Bahasa IPB, Academic Writing

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *